Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Melacak iPhone

2 min read

Cara Melacak iPhone

HP hilang merupakan sebuah momen yang menyedihkan. Namun tenang dengan cara melacak iPhone ada kemungkinan iPhone kita dapat ditemukan kembali.

Terkadang kita lupa meletakkan iPhone kita dimana, atau mungkin juga terjatuh di suatu tempat, dan bahkan dicuri oleh orang. Hal ini tentu membuat kita sedih sekaligus panik.

Panik sangat mungkin terjadi, karena tentu saja di dalam iPhone kita berisi hampir seluruh data maupun informasi tentang kita.

iPhone yang terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi tentu saja memiliki fitur untuk mengatasi masalah inii. Fitur tersebut yaitu Find My iPhone.

1. Cara Melacak iPhone Melalui iCloud

Dengan menggunakan iCloud kita dapat melacak iPhone atau iPad kita dengan mudah. Cara ini dapat kita lakukan melalui browser di platform apa saja termasuk Windows dan Android.

Namun tentunya fitur Find My iPhone harus aktif di HP iPhone kita. Karena jika tidak, maka kita tidak akan bisa menggunakan fitur ini. Karena itu berakal sangat menyarankan agar fitur ini selalu diaktifkan.

Cara melacak iPhone melalui GPS:

  1. Buka web browser di device apa saja. Setelah itu kunjungi https://www.icloud.com/find.
  2. Selanjutnya login dengan menggunakan Apple ID yang sama dengan yang ada di iPhone.
  3. Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman Find My iPhone. Jika tidak kita bisa membukanya secara manual melalui menu yang disediakan.
  4. Nah, disitu kita dapat melihat lokasi dimana iPhone kita sekarang berada.iCloud Find My iPhone

  5. Dengan begitu kita dapat meluncur ke lokasi guna mengambil kembali iPhone kita.
  6. Jika kita klik titik iPhone tersebut. Maka akan muncul detaik iPhone dan juga memunculkan beberapa opsi.
    • Play Sound: Fitur ini dapat kita gunakan untuk membunyikan perangkat iPhone kita meskipun iPhone dalam keadaan diam. Fitur ini sangat bermanfaat jika posisi iPhone sudah dekat dengan kita).
    • Lost Mode: Dengan mengaktifkan fitur Lost Mode maka kita bisa mengunci iPhone kita dari jarak jauh. Kita juga dapat menampilkan pesan di iPhone kita. Selain itu juka kita mengaktifkan kartu debit atau kredit di Apple Pay. Maka pembayaran Apple Pay akan disuspend sementara waktu.
    • Erase Mode: Fitur ini dapat kita gunakan apabila sudah tidak memungkinkan lagi untuk menemukan iPhone kita. Dengan mengaktifkan fitur ini semua data akan hilang. Dengan begitu si pencuri tidak akan bisa mengakses data kita.
Jika anda ingin melacak menggunakan nomor hp maka gunakan Cara Melacak No HP khusus yang pernah kami ulas.

2. Cara Melacak iPhone Melalui Aplikasi Find My iPhone

Selain melacaknya dengan menggunakan iCloud. Kita juga bisa melacak iPhone kita tanpa iCloud. Yaitu dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone.

Namun cara ini hanya dapat kita lakukan apabila kita memiliki perangkat Apple lain. Atau bisa juga dengan meminjam iPhone teman.

Cara mencari iPhone tanpa iCloud:

  1. Buka aplikasi Find My iPhone di perangkat lain.
  2. Setelah itu login menggunakan Apple ID yang sama dengan Apple ID yang ada di iPhone kita yang hilang.
  3. Setelah berhasil login maka kita dapat menemukan dimana lokasi iPhone kita berada.
  4. Selain itu terdapat juga fitur layaknya di iCloud yaitu play sound, lost mode, dan erase mode.melacak iPhone dengan iPhone teman
  5. Kita juga dapat dengan mudah menemukan iPhone kita dengan mengaktifkan navigator.
  6. Cara mengaktifkan petunjuk arah tersebut adalah dengan cara tap Action. Setelah itu pilih Lost Mode. Kemudian tekan logo mobil.
  7. Maka secara otomatis akan muncul penunjuk arah dari lokasi kita menuju dimana iPhone tersebut berada.

3. Cara Mencari iPhone dalam Keadaan Mati

Lalu bagaimana jika iPhone kita berada dalam keadaan mati. Satu-satunya jalan untuk melacak iPhone yang mati adalah dengan menunggunya hidup kembali.

Cara melacak iPhone mati:

  1. Buka iCloud kemudian login dengan akun Apple ID kita.
  2. Setelah itu buka fitur Find My iPhone.
  3. Disana kita akan melihat keterangan bahwa iPhone dalam keadaan offline.find my device offline
  4. Disini kita dapat memilih opsi Beri tahu saya jika ditemukan. Dengan begitu maka akan muncul notifikasi jika iPhone kita sudah hidup kembali.

Bagaimana Jika Find My iPhone Tidak Aktif?

Jika Find My iPhone tidak aktif maka iPhone tidak bisa dilacak. Satu-satunya cara adalah mengubah password Apple ID dan semua akun yang terhubung ke iPhone kita.

Selain itu kita juga harus menghubungi pihak yang berwajib. Jangan lupa juga untuk melaporkanya ke Bank apabila terdapat M-Banking di iPhone kita.

Oleh karena itu sekali lagi kami menekankan agar selalu mengaktifkan fitur Find My iPhone. Caranya cukup dengan buka Settings, kemudian pilih Apple ID. Selanjutnya pilih iCloud, lalu pilih Find My iPhone dan pastikan dalam kondisi menyala.

Itulah 3 Cara melacak iPhone dengan mudah. Meskipun cara mencari iPhone tidak sulit. Tetapi menemukanya memang memerlukan upaya yang cukup melelahkan. Maka sebaiknya jaga dengan baik iPhone anda. Semoga iPhone anda bisa berhasil ditemukan kembali. Semoga bermanfaat!

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *