Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

Cara Membuat Tabel di Word

6 min read

Cara Membuat Tabel di Word

Salah satu materi yang ada di modul dasar dalam penggunaan microsoft word yaitu cara membuat tabel. Kebanyakan orang membuat tabel di Excel, lalu mengimpornya ke Word.

Namun, ada baiknya anda mulai membiasakan diri dengan tool tabel yang ada pada Microsoft Word karena prosesnya yang mudah dan efisien.

Tools tabel sudah tersedia pada Microsoft Word 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019.

Walaupun word merupakan sebuah aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan untuk pengolahan kata, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menambahkan tabel maupun grafik untuk mendukung tulisan kita.

Pengertian Tabel

Secara umum tabel adalah sebuah daftar yang terdiri dari beberapa data yang saling terkait.

Data yang dimaksud berupa angka maupun teks yang tersusun secara sistematis pada baris dan juga kolom dengan jumlah tertentu sehingga akan lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca data tersebut.

Jadi, dengan menggunakan tabel, tentu saja kita akan lebih mudah dalam mengolah dan menganalisa data yang tersedia.

Sebelum kita mulai masuk ke cara pembuatan tabel di Microsoft Word dan penggunaanya. Kita akan sedikit membahas apa keuntungan membuat tabel langsung di Microsoft Word.

Keuntungan membuat tabel langsung di Microsoft Word adalah :

1. Kita tidak perlu membuat tabel di aplikasi lain seperti Microsoft Excel kemudian import ke dalam Microsoft Word yang akan membuat waktu pekerjaan kita malah semakin lama.

Dengan langsung membuat tabel di Microsoft Word tentu akan menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan.

2. Kita dapat langsung memasukkan data dengan lebih cermat. Karena tabel langsung dibuat di dalam aplikasi Microsoft Word, maka kita pasti akan lebih teliti dalam memasukkan data-data ke dalam tabel.

Berbeda jika kita membuat di aplikasi lain pasti kita akan bolak-balik mengecek apakah data yang diinputkan benar dan relevan dengan yang kita tulis di Microsoft Word.

Lalu, seperti apa caranya membuat tabel di Word? Simak langkah-langkah untuk membuat tabel di Word berikut.

Cara Membuat Tabel di Word

Cara membuat tabel berikut bisa kita gunakan di berbagai versi Microsoft Word. Namun disini berakal akan menggunakan Microsoft Word 2013.

1. Matrik Table

Cara membuat tabel di word yang paling mudah yaitu menggunakan matrik tabel. Karena kita hanya perlu meletakkan kursor pada kotak matrik pada menu Insert Table.

Caranya:

  • Buka tab Insert, klik tombol Table, maka akan muncul kotak dialog Insert Table menampilkan matrik dan beberapa opsi dibawahnya.matrik table

  • Letakkan kursor di area matrik tersebut lalu geser kursor ke kanan untuk mengatur banyaknya kolom, dan geser ke bawah untuk menentukan banyaknya baris.

Perhatikan bahwa setelah tabel dibuat, opsi baru pernama Table Tools akan muncul di bar Ribbon dengan dua tab baru untuk mengatur desain tabel dan tata letak.

Lihat pada gambar diatas, disitu dibuat tabel dengan ukuran matrik “6×4 Table” yang berarti tabel yang kita buat memiliki 6 kolom dan 4 baris.

Klik satu kali untuk memasukkan tabel tersebut ke dalam lembar kerja kita.

2. Menu Insert Table

Langkah membuat tabel di Word bisa juga dengan menggunakan trik “Insert Table”.

Caranya sama seperti sebelumnya, namun bedanya kali ini kita menggunakan opsi yang ada dibawah matrik diatas, ada opsi bernama Insert Table. 

Ketika kita klik maka akan muncul jendela Insert Table dengan beberapa opsi untuk kita dapat mengaturnya sendiri. Lihat pada gambar berikut.

insert table

Pada gambar diatas, kita coba dengan memasukkan nilai 5 pada Number of columns dan 2 pada Number of rows mengakibatkan hasil tabel yang kita buat memiliki 5 kolom dan 2 baris.

Keterangan:

  • Number of Columns : Berfungsi untuk mengatur jumlah kolom yang akan dibuat
  • Number of Rows : Berfungsi untuk mengatur jumlah baris yang akan dibuat
  • Fixed Column width : Digunakan untuk meng-custom lebar kolom tabel yang ingin dibuat, klik anak panah ke atas dan ke bawah untuk mengatur berapa lebar kolom yang diinginkan
  • AutoFit to contents : Otomatis menyesuaikan ukuran tabel dengan isi tulisan yang ada di dalam tabel
  • AutoFit to windows : Tabel yang akan dibuat menyesuaikan ukuran dengan jendela kerja yang digunakan

Kebanyakan orang menggunakan opsi pertama dan kedua. Yaitu hanya memilih berapa jumlah kolom dan baris yang akan dibuat. Setelah itu klik “OK”.

3. Menu Draw Table

Kebanyakan orang sangat jarang menggunakan tools ini karena tergolong cukup sulit. Yaitu dengan menggambar sendiri tabel sesuai dengan kemauan kita.

Lebar kolom dan juga lebar baris kita atur semau kita. Caranya adalah dengan membuka tab Insert lalu klik Table kemudian pilih opsi Draw Table. 

Secara otomatis kursor akan berubah bentuk menjadi pensil yang siap digunakan untuk menggambar tabel.

Setelah kotak dibuat, posisikan kursor di dalam kotak dan gambar garis berulang-ulang untuk kolom dan baris (satu per satu).

Jangan khawatir dengan garis yang anda bentuk bengkok atau tidak pas dengan kotakan lainnya, sistem akan secara otomatis meluruskan dan memasangkannya dengan kotak tabel yang lainnya.

Untuk menambah atau menghapus kolom dan atau baris, klik di mana saja di dalam tabel, lalu pilih Tab Desain. 

Klik tombol Draw Table untuk menambahkan atau melanjutkan menggambar baris dan kolom dengan kursor pensil anda, atau klik Tombol Eraser untuk menghapus garis dengan kursor penghapus, dan garis yang disentuh Penghapus akan menghilang.

Kelemahan menggunakan fitur ini yaitu anda hanya bisa membuat tabel tiap satu kolom dan satu baris.

Jadi untuk membuat tabel dengan banyak kolom dan baris akan memakan waktu yang relatif lama karena harus digambar satu persatu baris dan kolomnya.

Contoh penggunaan dari menu atau tools Draw Table ini bisa dilihat pada gambar berikut.

draw table

4. Excel Spreadsheet

Di masa lalu, lembar kerja Excel harus diimpor ke word. Sekarang anda tinggal copy dan paste.

Buka Excel, blok spreadsheet, dan copy. Kemudian di word anda tinggal memposisikan kursos di lokasi yang diinginkan lalu pilih Paste > Keep Source Formatting.

Opsi lain pada menu dialog Paste adalah Merge Formatting, yang mengubah format teks agar sesuai dengan file yang anda paste-kan dari spreadsheet, dan Keep text only yang hanya akan menempelkan teks tanpa ada grid dari spreadsheet yang artinya anda disuruh untuk membuat tabelnya sendiri.

Namun ada cara yang bahkan lebih gampang dengan cara membuka worksheet excel di dalam Microsoft Word.

Tidak hanya grafik dan diagram yang dapat terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Excel.

Ternyata di Word pun kita bisa memasukkan beberapa kolom di excel sehingga akan mempermudah kita dalam proses perhitungan.

Dengan mengeklik menu “Excel Spreadsheet” maka secara otomatis akan muncul jendela kolom Excel.

excel spreadsheet

Kolom ini bekerja layaknya Microsoft Excel yang dibuka secara langsung yaitu anda bisa melakukan pengolahan angka dan perhitungan persis seperti pada lembar kerja Microsoft Excel.

6. Quick Tables

Fitur yang disediakan Software ini ternyata cukup lengkap untuk ukurannya. Pada menu kelima ini ada yang namanya Quick Tables.

Jadi di sini kita sudah disediakan berbagai macam template (contoh) tabel yang sudah siap digunakan.

Untuk membuat tabel dengan menu ini, cukup mudah sekali yaitu dengan cara memilih salah satu template yang sudah tersedia.

Selain sembilan template yang sudah disediakan, disini kita juga dapat membuat desain sendiri dan menyimpannya ke Galeri Quick Table untuk digunakan lagi nanti pada saat kita membutuhkannya.

Cara menggunakannya:

Klik Tab Insert > Table > Quick Table kemudian pilih salah satu template yang tersedia, dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan yang akan kita pakai.

quick table

Cara Mengedit Tabel Pada Microsoft Word

Setelah kita membuat tabel, pasti perlu melakukan berbagai editing dan penyesuaian supaya tabel yang kita buat pas dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Ada banyak pengaturan yang bisa ita lakukan disini. Berikut beberapa opsi pengaturan yang biasa dilakukan pada tabel Microsoft Word.

1. Memperlebar Kolom dan Baris

Insert Tabel di Ms. Word akan menghasilkan tabel dengan lebar kolom dan baris secara default. Untuk mengatur ukuran baris dan kolom kita bisa memanfaatkan menu Layout Tabel pada menu toolbar.

Mengatur lebar baris dan kolom (seluruh tabel):

  • Blok semua area tabel dari pojok kiri atas tabel, kemudian klik Layout. Atur lebar baris dengan mengeklik anak panah pada icon Height, dan atur lebar kolom dengan mengeklik anak panah pada icon Width.mengatur lebar baris dan kolom (seluruh)

Mengatur lebar baris tertentu:

  • Untuk mengatur lebar baris tertentu, letakkan kursor pada baris yang ingin diatur. Kemudian, klik layout dan atur pada bagian Heightmengatur lebar baris

Mengatur lebar kolom tertentu:

  • Demikian juga dengan lebar kolom, letakkan kursor pada kolom yang ingin diatur. Kemudian pada layout atur ukuran Widthmengatur lebar kolom

2. Menambah atau Menghapus Baris dan Kolom

Setelah kita bisa memodifikasi ukuran tabel, selanjutnya kita akan menambahkan baris pada tabel dan juga kolom apabila ada kekurangan baris maupun kolom pada tabel.

Kita juga bisa menghapus baris atau kolom yang tidak dibutuhkan pada sebuah tabel.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Seperti pada langkah sebelumnya, letakkan kursor diatas kolom atau baris yang akan ditambahan. Kemudian klik kanan lalu pilih Insert > opsi yang anda inginkan. menambahkan kolom atau baris 1

Keterangan :

  1. Menambahkan kolom ke sebelah kiri
  2. Menambahkan kolom ke sebelah kanan
  3. Menambahkan baris di atasnya
  4. Menambahkan baris di dalamnya

Menghapus Baris dan Kolom

  • Untuk menghapus kolom, terlebih dahulu blok semua kolom yang akan dihapus. Kemudian klik kanan dan pilih Delete Columns. maka seketika kolom yang sudah terblok tadi akan menghilang.delete columns
  • Sedangkan untuk menghapus baris, blok baris yang kita kehendaki untuk hapus, lalu klik kanan seperti diatas dan pilih Delete Cells, setelah itu pilih opsi Delete entire row  dilanjutkan dengan klik “OK”.delete rows

3. Menggabungkan Dua Kolom Menjadi Satu (Merge)

Kemudian setelah kita dapat melakukan serangkaian edit tabel diatas, kita juga harus bisa menggabungkan dua kolom menjadi satu atau yang sering kita sebut dengan Merge Cells. 

Caranya pun cukup mudah dan gampang diingat.

  1. Pertama, Blok dua kolom atau lebih yang akan digabungkan menjadi satu
  2. Klik kanan lalu pilih Merge Cellsmerge cells

4. Mengatur Alignment Cell

Hal yang kali ini kita ulas adalah hal yang cukup mudah dilakukan sekalipun oleh pemula. Hal ini diperlukan ketika kolom pada tabel yang ita buat sudah terisi dengan teks.

Agar format teks lebih rapi dan supaya bisa dibaca dengan nyaman maka diperlukan yang namanya pengaturan Alignment atau orientasi. Caranya sebagai berikut

  1. Blok semua kolom yang berisi teks yang akan di atur posisinya (Alignment).
  2. Kemudian klik kanan dan pilih opsi Cell Alignment dan pilih format yang sesuain dengan keinginan dan kebutuhan anda.
  3. Posisi Teks bisa berada di kiri, tengah, dan kanan kemudian jika kolom terlalu lebar maka akan ada pilihan di atas di tengah atau dibawah.

5. Memberi Warna Kolom atau Baris

Biasanya saat kita selesai membuat sebuah tabel, pasti menginginkan supaya pembaca tetap nyaman dalam membaca tabel yang telah kita buat.

Nah, bagaimana caranya membuat pembaca nyaman dalam membaca tabel kita? Pastinya dengan mengutamakan estetika, selain penulisan yang rapi dan cermat kita juga perlu mengedit tabel kita menjadi sedikit berwarna.

Ya, berwarna secara harfiah. Kita memberi warna pada tabel yang telah kita buat. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Blok kolom atau baris yang akan diberi warna
  2. Pilih Icon Shading pada ribbon menu Paragraph pada toolbar Menumewarnai tabel

Mungkin sampai disini dulu tutorial cara membuat tabel pada Microsoft Word yang bisa kita pelajari bersama. Semoga pembaca sekalian bisa dengan cepat menguasainya dan dapat membuat tabel yang menarik.

Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *