Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization

Cara Print Bolak Balik

2 min read

Cara Print Bolak Balik

Salah satu cara efisien dalam menghemat kertas yaitu dengan cara print bolak balik. Anda dapat melakukannya dengan mecetak di dua sisi selembar kertas. Dengan begini, Anda dapat meminimalisir terjadinya pemborosan kertas, terlebih jika harus mencetak puluhan atau ratusan halaman.

Namun, Anda juga membutuhkan printer yang support dalam mencetak bolak balik dokumen word dan excel. Beberapa printer yang dipercaya dapat menjalankan hal tersebut, yaitu Epson, HP, Canon, Fuji, dan lain-lain.

Cara Mengetahui Kemampuan Printer

Sebelum mengetahui cara print bolak balik, alangkah baiknya untuk mencari tahu kemampuan printer dalam melakukan percetakan bolak balik (duplex). Beberapa cara yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Buku Panduan

Buku panduan pada printer menyajikan informasi mengenai kemampuan sebuah printer. Teliti pada buku panduan apakah printer tersebut mumpuni dalam percetakan dua sisi atau tidak.

Sering membuat makalah? Harus tahu cara membuat daftar pustaka di word ya!

2. Microsoft Word

Untuk lebih singkatnya, Anda juga dapat mengecek secara langsung melalui Microsoft Word. Caranya, tekan print dan cari kotak yang memperlihatkan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided atau Duplex. Pastikan selalu periksa pengaturan atau preferensi dalam menu print sebelum mencetaknya.

3. Internet

Apabila kedua cara diatas belum dapat membantu, silahkan cari informasi mengenai printer tersebut melalui internet. Anda tinggal mengunjungi situs resmi dari produsen pinter atau ketikkan kata kunci seri printer pada Google.

Print Bolak Balik Secara Otomatis

cara print bolak balik corel

Apabila printer telah mengusung percetakan duplex, Anda dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Beberapa tipe printer bahkan menyajikan fitur pengaturan otomatis yang dapat mencetak dokumen duplex tanpa mengatur secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, beri tanda centang pada menu “Double-Sided Printing” yang dapat Anda temukan pada bagian bawah pengaturan printer. Dengan begini, Anda tidak perlu repot melakukan pengaturan setiap hendak mencetak dokumen yang panjang.

Namun, jika printer tidak menyediakan fitur otomatis, Anda harus mengatur secara manual. Caranya, ubah pengaturan default menjadi duplex printing.

Print Bolak Balik Secara Manual

cara print bolak balik pdf multiple

Apabila printer tidak mendukung pencetakan duplex, Anda tetap dapat mencetak bolak balik sebuah dokumen secara manual. Saat mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak di kedua sisi lembar kertas secara bergantian. Adapun langkahnya:

  1. Masuk pada kotak dialog print dibawah aplikasi printer.
  2. Selanjutnya, pada menu Print On Both Side”, pilih “Yes Flip Over”.
  3. Lalu scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, kemudian simpan pengaturan tersebut.
  4. Kembali ke dokumen pada word. Print dokumen dan word akan memerintahkan Anda untuk memasukkan halaman untuk dicetak pada bagian sisi kertas berikutnya.

Selain cara diatas, terdapat juga cara lain dalam mencetak dokumen secara manual. Terlebih, cara dibawah ini lebih efektif pada skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya dikarenakan adanya tambahan halaman dibawah atau diatasnya. Berikut cara print bolak balik:

  1. Buka dokumen pada word.
  2. Klik pada menu “Print”.
  3. Selanjutnya, pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” atau menu dengan kata yang sama.
  4. Lalu cetak halaman dengan klik “OK”.
  5. Kemudian masukkan kertas ke dalam printer.
  6. Kembali ke dokumen word. Pilih “Print Event Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman di sisi lain kertas.

Catatan: Percetakan duplex secara manual ini mengharuskan Anda untuk mengetahui fungsi pengumpan kertas. Cobalah untuk memasukkan beberapa kertas terlebih dahulu untuk memastikan umpan printer sebelum mencetak halaman ganjil.

Bagi pemula, mungkin cara diatas sedikit rumit saat dipraktekkan. Berbeda dengan penjaga mesin fotocopy (pengusaha percetakan), tentu mereka sudah mahir dan terbiasa menggunakan salah satu dari cara diatas.

Selain itu, cara print bolak balik seperti diatas juga dapat menimbulkan efek positif terhadap alam karena mampu membatasi penggunaan kertas. Menghemat kertas = peduli masa depan.

Manarul Seorang muslim, dreamer, dan blogger. Tertarik dengan teknologi dan dunia digital khususnya Search Engine Optimization

Cara Screenshot Laptop

Manarul
3 min read

Lupa Password Laptop

Manarul
2 min read

Cara Sharing Printer

Manarul
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *