Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Mengatasi Blue Screen

3 min read

Cara Mengatasi Blue Screen

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows adalah Blue Screen of Death. Nah untuk mengatasi masalah Blue Screen, kita dapat menggunakan beberapa cara.

Pengguna Windows pasti tidak asing lagi dengan masalah BSOD yang terjadi pada komputer mereka. Masalah ini tidak hanya terjadi pada Windows 7 saja. Namun juga bisa terjadi pada semua sistem operasi Windows. Seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Selain itu masalah blue screen juga tidak pandang merk laptop yang kita gunakan. Karena blue screen sendiri bisa kita dapati baik di laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, dan merk laptop lainnya.

Blue Screen of Death atau yang biasa disebut dengan bluescreen. Adalah sebuah kondisi dimana Windows hanya akan memunculkan warna biru dan tulisan tertentu di layar monitor. BSOD ini dapat muncul karena beberapa faktor. Seperti adanya masalah pada software ataupun terdapat masalah pada hardware komputer tersebut.

Penyebab Blue Screen of Death

Adanya masalah pada komputer kita memang biasanya disebabkan oleh kerusakan pada software ataupun hardware. Begitu juga dengan masalah Blue Screen of Death atau BSOD ini. Penyebab dari Blue Screen of Death ini juga dapat disebabkan karena adanya kerusakan baik pada hardware atau software.

Crash ini akan terjadi karena adanya proses dimana Windows bertemu dengan Error STOP. Ynag mana kemudian menyebabkan kegagalan dari proses Windows. Sehingga dapat mengakibatkan Windows berhenti untuk bekerja. Ketika hal ini terjadi di komputer kita. Sehingga akan muncul tampilan Blue Screen dengan tulisan tertentu secara mendadak.

Langkah pertama yang biasa kita lakukan adalah melakukan restart atau mematikan paksa PC kita tersebut. Memang masalah ini sangatlah menjengkelkan. Apalagi jika kita sedang melakukan pekerjaan dan belum sempat untuk menyimpan lebar kerja tersebut. Maka secara otomatis hasil pekerjaan kita tersebut akan hilang.

Ketika Blue Screen of Death ini muncul biasanya akan ada tulisan tentang crash yang terjadi. Seperti crash yang terjadi pada Hardisk yang juga disebut dengan Minidump. Nah, ketika hal tersebut terjadi sebaiknya kita jangan panik terlebih dahulu. Lalu selanjutnya kita dapat melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi blue screen tersebut.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, dan 10.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah blue screen tersebut.

1. Cara Mengatasi Blue Screen dengan merestart Komputer

Cara Mengatasi Blue Screen dengan merestart Komputer

Cara pertama untuk mengatasi blue screen adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu pada laptop kita. Restart komputer dapat kita lakukan dengan cara menekan tombol restart yang ada di komputer lalu tunggu hingga komputer hidup kembali. Jika kita menggunakan laptop, lalu kita tidak mengatur tombol restart. Kita bisa mematikan paksa laptop kita. Dengan cara tekan dan tahan tombol power hingga laptop benar-benar mati. Lalu hidupkan laptop kembali.

Setelah PC kita hidup dan proses booting telah selesai maka komputer kita dapat digunakan kembali seperti biasa. Namun jika cara ini belum dapat mengatasi Blue Screen of Death. Kita bisa melakukan beberapa cara dibawah ini.

2. Lakukan System Restore

Mengatasi Blue Screen dengan melakukan System Restore

Jika kita sudah melakukan restart, namun komputer kita masih tetap sering Blue Screen. Kita bisa melakukan System Restore pada komputer ini. System Restore berguna untuk mengembalikan System Windows sebelum terjadi kerusakan yang mengakibatkan blue screen. Cara kerjanya adalah System Restore akan mengembalikan system yang ada pada waktu yang kita tentukan. Sebagai contoh kita mengembalikanya pada waktu 2 hari sebelum kejadian blue screen kita alami.

Cara merestore Windows:

  1. Terlebih dahulu matikan komputer kita. Baik dalam keadaan normal ataupun disaat sedang blue screen. Apabila disaat sedang mengalami blue screen, tekan dan tahan tombol power beberapa detik hingga komputer mati dengan sempurna.
  2. Setelah komputer tersebut mati dengan sempurna. Selanjutnya, hidupkan kembali komputer kita.
  3. Pada saat sedang booting tekan tombol F8 pada keyboard. Kemudian pilih Safe Mode.
  4. Setelah kita berhasil masuk ke Safe Mode. Selanjutnya kita buka menu System Restore. Dengan cara klik Windows lalu buka Control panel, setelah itu pilih System & Security. Kemudian pilih Action Center, lalu klik Recovery. Selanjutnya pilih Open System Restore.
  5. Didalam menu System Restore kita bisa mencari tanggal yang kita inginkan. Atau bisa juga memilih rekomendasi atau pilihan default. Klik Next setelah itu Next lagi kemudian pilih Finish lalu Yes.
  6. Setelah itu komputer kita akan melakukan restart dan System Restore dengan sendirinya. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan komputer kita dapat kita gunakan secara normal.
  7. Biasanya setelah kita melakukan System Restore komputer akan berjalan dengan sedikit lebih pelan dari biasanya. Hal ini wajar terjadi. Jadi sebaiknya jangan jalankan program berat terlebih dahulu hingga komputer berjalan dengan normal.

3. Repair Sistem Operasi Windows

Repair Sistem Operasi Windows

Jika dengan menggunakan kedua cara diatas masih belum berhasil kita dapat melakukan repair pada Windows kita. Cara ini sering digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death yang disebabkan oleh file Windows yang rusak. Untuk melakukan cara ini kita memerlukan DVD atau Flash Disk dengan sistem operasi Windows yang sama dengan yang kita gunakan. Lalu lakukan repair Windows.

4.Cara Mengatasi Blue Screen Instal Update Driver

Cara Mengatasi Blue Screen Instal Update Driver

Jika laptop kita masih saja mengalami Blue Screen of Death. Kita juga bisa melakukan perbaikan dengan menginstal update driver. Cara ini hampir sama dengan melakukan repair sistem operasi Windows. Namun bedanya, cara ini biasa digunakan karena adanya kerusakan pada driver yang tidak cocok dengan hardware kita. Cara melakukan Instal Update Driver adalah dengan mengunduh driver terbaru dari perangkat yang kita miliki.

5. Lakukan Scan Virus

Scan Virus

Jika memang repair sistem operasi dan update Windows masih belum berhasil. Mungkin saja komputer kita terkena Virus atau bahkan Malware. Karena Virus atau Malware juga dapat menjadi salah satu penyebab komputer kita mengalami Blue Screen. Sayangnya masih belum banyak yang tahu. Bahwa Malware merupakan penyebab utama yang dapat merusak software, driver, dan bahkan file sistem di komputer kita. Untuk cara mengatasinya adalah dengan melakukan scan menggunakan antivirus.

Gampang kok caranya, tinggal cunakan Cara Menghilangkan Virus di Laptop yang pernah kami bahas.

6. Instal Ulang Windows

Instal Ulang Windows

Jika setelah melakukan beberapa cara diatas komputer kita masih dalam kondisi yang belum baik. Kita bisa melakukan instal ulang Windows. Dengan cara ini maka komputer akan kembali pada kondisi freshh. Sehingga kita tidak akan mengalami lagi masalh Blue Screen of Death. Namun, jika kita sudah melakukan cara ini blue screen masih saja menghampiri. Maka kemungkinan besar masalah ada pada hardware komputer kita.

7. Periksa Hardware

Periksa Hardware

Jika semua cara diatas sudah kita gunakan dan blue screen masih tetap kita alami. Maka dapat dipastikan terjadi kerusakan pada hardware kita. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah cek kondisi Hardisk kita. Karena pada umumnya blue screen sering terjadi karena terdapat kerusakan pada Hard disk kita. Setelah itu kita juga dapat memeriksa perangkat keras lain seperti RAM. Jika kita tidak tahu masalah perangkat keras komputer. Maka sebaiknya kita bawa saja komputer kita ke tukang service.

Itulah 7 cara mengatasi Blue Screen pada komputer Windows. Lakukan beberapa cara diatas secara urut hingga komputer kita berjalan dengan normal. Jika blue screen sudah dapat teratasi pada cara tertentu, maka kita tidak usah lagi melanjutkan ke cara berikutnya. Rawatlah komputer dengan baik agar komputer kita terhindar dari berbagai masalah seperti Blue Screen of Death ini. Semoga bermanfaat!

Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet. Saat ini menjadi Content Manager di Berakal.com

Cara Membuat Grafik di Word

Manarul
3 min read

Aplikasi Desain Baju

Manarul
4 min read

Tema Windows 7

Manarul
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *