Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Cara Menghapus Channel YouTube

1 min read

Cara Menghapus Channel YouTube

Kami teringat akan sosok YouTuber Gaming asal Indonesia yang menghapus channel YouTube nya dengan alasan ingin fokus ke kehidupan nyata.

Dengan subscriber yang tidak sedikit, YouTuber tersebut tetap membulatkan tekadnya untuk menghapus channel nya. Dengan begitu, baik penggemarnya maupun orang lain tidak dapat lagi melihatnya di channel yang telah di hapus.

Kembali ke pembahasan kita. Seseorang yang hendak menghapus channel YouTube tentu memiliki alasan yang kuat. Ya, misalnya saja karena ingin fokus ke kehidupan nyata, merasa bosan, sibuk, atau alasan lainnya.

Terlepas dari alasan tersebut, mungkin timbul pertanyaan “Bagaimana caranya?” atau “Apakah sulit dalam menghapusnya?”. Untuk mengetahui jawaban dari keduanya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghapus Channel YouTube

Perlu Anda ketahui, konten akan terhapus permanen, termasuk video, subscription, pesan, komentar, playlist, dan histori jika Anda menutup channel YouTube.

Satu hal lagi, saat ini Anda belum dapat menghapus channel lewat hp. Namun, Anda dapat memanfaatkan perangkat baik komputer atau laptop untuk melakukannya.

Simak cara berikut untuk menghapus channel YouTube Anda:

  1. Pastikan bahwa Anda telah login ke YouTube dengan menggunakan channel yang hendak dihapus.
  2. Selanjutnya, klik profil yang terdapat di pojok kanan atas dan pilih Setelan.
  3. Pada menu Setelan, klik Setelan lanjutan.
  4. Kemudian scroll ke bawah, pilih Hapus channel (atau Anda mungkin akan melihat Hapus konten). Jika diminta, masukkan detail login Anda. menghapus akun youtube lewat hp

  5. Setelah itu, pilih Saya ingin menghapus konten secara permanen.
  6. Lalu checklist kotak untuk melakukan konfirmasi penghapusan channel. cara menghapus aplikasi youtube secara permanen
  7. Terakhir pilih Hapus channel saya (Atau mungkin Anda akan melihat Hapus konten saya).

Catatan: Langkah diatas hanya untuk menghapus channel YouTube, bukan akun Google yang biasa Anda gunakan untuk login.

Setelah berhasil dihapus, kemungkinan perlu sedikit waktu untuk menerapkannya, sehingga thumbnail video mungkin masih muncul untuk beberapa saat. Selain itu, setelah Anda menghapusnya, URL beserta nama channel tidak dapat lagi untuk dilihat.

Cara Menyembunyikan Channel YouTube

Diatas memang telah dijelaskan cara menghapus channel YouTube. Nah, jika Anda ragu untuk menghapusnya, Anda dapat menyembunyikan channel YouTube dan mengaktifkannya lagi nanti.

Apabila channel disembunyikan, maka nama channel, konten, video, subscriber, dan sebagainya akan disetel ke pribadi. Semua komentar dan balasan Anda akan dihapus permanen.

Namun, jika Anda memiliki Akun Bisnis, Anda tidak dapat menyembunyikan channel. Akan tetapi, Anda memiliki opsi untuk menyembunyikan konten video dan playlist. Nantinya, channel tersebut masih dapat diakses penonton.

Langsung saja, berikut cara menyembunyikan channel atau konten channel Anda:

  1. Pertama, pastikan login ke YouTube dengan menggunakan channel yang hendak disembunyikan.
  2. Jika sudah, klik profil Anda yang terdapat di sebelah notifikasi dan pilih Setelan.
  3. Selanjutnya pilih Setelan lanjutan yang terdapat di menu Setelan.
  4. Scroll down dan cari kata Hapus channel. Tindakan ini akan mengarahkan Anda ke halaman untuk menyembunyikan atau menghapus channel. Mungkin Anda akan dimintai detail login. cara menghapus akun youtube orang lain
  5. Kemudian pilih Saya ingin menyembunyikan channel atau Saya ingin menyembunyikan konten.
  6. Setelah itu, centang semua kotak untuk mengkonfirmasi penyembunyian channel. cara menyembunyikan channel youtube
  7. Terakhir, pilih Sembunyikan channel saya.

Apabila Anda ingin membuat konten kembali dapat dilihat oleh orang lain, mengomentari, mengupload, atau menggunakan playlist, aktifkan ulang channel.

Demikanlah cara menghapus channel YouTube beserta cara menyembunyikan channel. Mudah bukan?

Sebelum menghapus channel, pastikan Anda telah mempertimbangkan hal-hal yang akan terjadi. Apabila belum siap, Anda dapat memanfaatkan fitur sembunyikan channel.

Galan Seseorang yang suka membaca, menulis, dan melakukan hal yang berkaitan dengan Dunia Teknologi. Saat ini menjadi SEO Editor di Berakal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *