Cara Share Screen di Google Meet di Laptop dan HP

Share
Comment 0 reply
Cara Share Screen di Google Meet di Laptop dan HP

Google Meet menghadirkan beragam fitur untuk rapat, seperti recording, share screen, pesan chat, memberi komentar, dan fitur bermanfaat lainnya. Jika kamu memimpin suatu rapat dan harus presentasi, maka ketahuilah cara share screen di Google Meet untuk berbagi layar.

Fungsinya yaitu untuk membagikan materi presentasi yang berkaitan dengan tema acara. Fitur share screen itu sendiri dapat dilakukan melalui HP, komputer, tablet, atau laptop. Dengan memakai fitur ini, maka kamu bisa membagikan file word, PDF, atau bahkan video di dalam presentasi tersebut.

Penyebab Presentasi / Share Screen Tidak Muncul

Share Screen merupakan salah satu fitur dalam video conference Google Meet yang umumnya digunakan untuk membagikan layar yang di laptop dan HP kepada setiap partisipan. Jadi, fitur ini biasa dipakai saat pengguna melakukan presentasi.

Semua anggota rapat bisa melakukan sebuah presentasi dalam room Google Meet. Caranya yakni dengan klik tombol presentasikan yang terdapat di sudut kanan bawah. Namun, meskipun sudah diklik “presentasikan”, terkadang tidak berhasil menayangkan dan file yang dibagikan tidak muncul di layar.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa bisa terjadi gagal presentasi atau share screen di Google Meet. Penyebabnya yaitu karena koneksi internet tidak bagus, karena tombol “izinkan atau allow” belum ditekan, dan sebagainya. Pemaparan lebih lanjut yaitu sebagai berikut.

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi Internet Tidak Stabil

Jaringan internet yang kurang baik bisa membuat transfer data kamu menjadi tidak lancar. Hal ini menyebabkan delay pada saat presentasi, berbicara, atau mendengarkan peserta lain saat presentasi. Tidak jarang, akan terjadi eror berupa siaran terputus atau langsung keluar dari room.

Jika ingin mengadakan pertemuan virtual penting seperti rapat, webinar, dan lain-lain, sebaiknya gunakan tempat yang memiliki koneksi internet yang memadai.

Baca: Cara Menggunakan Google Drive

2. Belum Menekan Tombol “Izinkan di Browser”

Belum Menekan Tombol “Izinkan di Browser”

Sebagian browser perlu meminta izin terlebih dahulu untuk membagikan layar usai kamu melakukan klik “present now”. Apabila tidak diizinkan, Google Meet tidak akan dapat menampilkan layar kamu.

Nantinya, sebuah pop-up yang berisi meminta izin membagikan layar akan muncul di layar. Oleh karena itu, langsung saja tekan Izinkan. Cara ini juga berlaku apabila kamu memakai Google Meet di jenis browser lainnya.

3. Terlalu Banyak Cache

Terlalu Banyak Cache

Cache memang menjadi salah satu penyebab masalah yang umum dalam penggunaan berbagai jenis aplikasi di HP maupun di laptop. Pasalnya, chache dapat menghambat kinerja ponsel hingga tidak bisa berfungsi secara optimal.

Oleh karena itu, jangan sampai membiarkan cache menjadi menumpuk di perangkat kamu. Adapun solusi yang bisa dilakukan yakni dengan menghapus cache di setiap aplikasi secara rutin agar tidak terjadi penumpukan.

Cara menghapus cache yaitu dengan membuka setting perangkat, lalu pilih kelola aplikasi. Buka satu per satu aplikasi untuk menghapus cache yang tertimbun.

Jika sudah dihapus, maka cobalah untuk share screen Google Meet kembali. Adapun jika membersihkan cache di laptop, maka kamu hanya perlu membersihkannya di browser. Cara menghapus cache di browser laptop bisa dilakukan di menu history, lalu centang bagian-bagian yang ingin dihapus.

Baca: Cara Download File di Google Drive

4. Aplikasi Terlalu Usang

Aplikasi Terlalu Usang

Sudahkah kamu menggunakan Google Meet versi terbaru? Google Meet versi terbaru telah diupdate pada 8 Juni 2022. Oleh karena itu, agar lebih sinkron, sebaiknya lakukan pembaharuan aplikasi. Salah satu penyebab terjadinya error pada Google Meet adalah karena aplikasi terlalu usang atau kadaluarsa.

Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa fitur tidak bisa berfungsi secara optimal. Cara pembaruan aplikasi Google Meet cukup mudah karena kamu hanya perlu membuka Google Play Store, lalu carilah Google Meet. Lakukan update pada tombol yang tersedia.

Cara Share Screen di Google Meet di Laptop

Google Meet dapat dioperasikan meskipun tanpa aplikasi, yakni melalui laptop atau komputer. Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu membukanya melalui browser atau peramban. Agar semakin jelas, simak cara share screen di Google Meet yang ada di bawah:

  • Pertama, buka browser yang ada di laptop atau komputer, bisa Mozilla Firefox, Chrome, atau Opera.
  • Masuk ke laman google.com pada browser yang digunakan.
  • Kemudian, klik Gabung untuk mengawali panggilan dari Google Meet
  • Jika sudah bergabung, selanjutnya klik tombol yang paling bawah, yakni Present Now atau yang artinya presentasikan sekarang.

Jika sudah bergabung, selanjutnya klik tombol yang paling bawah, yakni Present Now atau yang artinya presentasikan sekarang

  • Pilih seluruh layar, jendela atau bahkan tab.
  • Apabila menggunakan browser Chrome, maka kamu dapat membagikan audio tab secara otomatis.
  • Jika ingin presentasi pada tab yang lain, maka pilihlah tab yang hendak dipresentasikan.

Baca: Google Drive Need Permission

Pilihan Share Screen Google Meet Lewat Laptop

Pilihan Share Screen Google Meet Lewat Laptop

Saat memilih opsi Share your screen, maka ada beberapa alternatif yang dapat digunakan, seperti Your Entire Screen, Chrome Tab, atau Application Window. Pastinya, ketiga pilihan ini mempunyai fungsi masing-masing, di antaranya sebagai berikut:

1. Chrome Tab

Chrome Tab dapat digunakan untuk membuka satu tab pada browser. Share screen menggunakan Chrome Tab akan memberikan privasi kepada pengguna, sehingga kamu tidak perlu membagikan tab lainnya yang terbuka di browser tersebut.

2. Your Entire Screen

Entire Screen merupakan menu yang bisa digunakan untuk sharing seluruh layar di muka laptop. Dengan begitu, maka peserta Google Meet lainnya dapat menyaksikan apa saja yang terdapat di layar laptop orang yang membagikan.

3. Application Window

Application Window digunakan untuk presentasi dengan memakai Power Point untuk diperlihatkan kepada pengguna. Opsi ini dapat dipakai untuk sharing layar tertentu saat presentasi sedang berlangsung.

Baca: Cara Membuat Link Google Drive

Cara Share Screen di Google Meet di HP

Seperti yang diketahui, bahwa aplikasi Google Meet juga bisa digunakan di HP. Dengan begitu, maka berbagai fitur yang terdapat di aplikasi tersebut otomatis juga bisa digunakan, tidak terkecuali share screen. Lantas, bagaimana cara share screen Google Meet di HP? Inilah tutorial selengkapnya:

  • Langkah pertama, bukalah aplikasi Google Meet yang ada di HP Android
  • Aturan membagikan layar di Google Meet melalui HP tidak jauh berbeda dengan yang ada di laptop. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah memberi izin untuk Membagikan Layar. Hal ini berlaku jika kamu seorang Host.
  • Jika kamu menjadi Host di Google Meet, maka fitur Share Screen dapat langsung diakses

Jika kamu menjadi Host di Google Meet, maka fitur Share Screen dapat langsung diakses

  • Saat pertemuan berlangsung, pilih ikon garis tiga vertikal, lalu pilih menu Bagikan Layar.
  • Kemudian, pilih opsi Mulai Penyiaran dan Konten yang terdapat di layar, maka HP akan membagikannya di Google Meet.
  • Membagikan layar akan terhenti jika kamu menekan menu Hentikan Penyiaran yang tercantum di Google Meet.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu kamu memahami cara share screen di Google Meet. Walaupun sering mengalami kendala pada beberapa perangkat, namun hal ini dapat diatasi dengan menerapkan tutorial yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.