Penyebab VPN Tidak Bisa Connect

Share
Comment 0 reply
Penyebab VPN Tidak Bisa Connect

X

Advertisements

Loading...

VPN sangat berguna untuk mengakses situs web yang tidak bisa diakses secara langsung. Namun bagaimana jika VPN yang kita gunakan tidak bisa terhubung dengan semestinya?

VPN yang tidak bisa connect bisa terjadi karena beberapa penyebab, baik penyebab dari aplikasi VPN itu sendiri ataupun penyebab lain dari perangkat yang kamu gunakan.

Penyebab VPN Tidak Bisa Connect

vpn tidak bisa buka situs

Advertisement

Terdapat beberapa penyebab utama VPN tidak bisa konek, diantaranya yaitu:

1. Jenis VPN yang Digunakan

Penyebab pertama yang sering terjadi yaitu karena masalah mengenai jenis VPN yang kamu gunakan. Perlu kamu ketahui bahwa VPN bisa dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu VPN gratisan dan VPN berbayar.

Jika kamu menggunakan VPN versi gratis, maka biasanya akan ada batasan-batasan tertentu yang ditetapkan oleh penyedia VPN tersebut.

Advertisement

Misalnya batas penggunaan selama beberapa hari, lalu untuk bisa menggunakan lagi kamu harus mengupgrade ke versi premium.

Selain itu VPN versi gratis juga sering mengalami kesalahan pada sistem koneksi dan server VPN yang terlalu penuh. Oleh karena itu kesalahan tersebut akan menyebabkan tidak berfungsinya VPN secara normal.

Sedangkan untuk VPN versi premium atau berbayar, biasanya sangat jarang sekali terjadi kesalahan hingga tidak bisa connect.

2. Koneksi Internet

Penyebab lainnya yaitu terjadi masalah pada koneksi internet yang kamu gunakan. Jeleknya sinyal internet juga bisa menghambat penggunaan VPN.

Karena secara konsep, kebutuhan internet antara menggunakan VPN dan tidak sangatlah berbeda. Dimana jika kamu menggunakan VPN, maka aliran dari koneksi kamu akan melewati server dari VPN terlebih dahulu, setelah itu baru ke server situs yang kamu akses. Sedangkan jika membuka situs tersebut tanpa VPN maka tentu akan lebih ringan.

Jadi kecepatan internet juga sangat mempengaruhi kestabilan VPN. Bahkan jika koneksi internet sedang sangat buruk, maka sudah jelas VPN tidak akan bisa connect.

3. Kapasitas dan Lokasi Server VPN

Seperti yang sudah disinggung pada poin pertama, dimana masalah VPN tidak bisa konek bisa disebabkan dari masalah yang terjadi pada server VPN itu sendiri.

Advertisement

Karena biasanya VPN versi gratis akan memiliki kapasitas server yang kecil. Jadi jika diakses oleh banyak pengguna sekaligus, akan menyebabkan berbagai masalah seperti tidak bisa konek.

Selain dari kapasitas server, lokasi server VPN juga sangat mempengaruhi. Letak lokasi server yang terlalu jauh juga bisa mengakibatkan VPN tidak bisa berjalan dengan maksimal, bahkan tidak bisa tersambung.

Untuk pengguna di Indonesia, sangat disarankan untuk menggunakan lokasi VPN Indonesia misalkan yang disediakan oleh Surfshark.

4. Antivirus atau Firewall

VPN tidak bisa connect juga bisa disebabkan karena adanya aktivitas dari antivirus atau firewall pada perangkat kamu.

Advertisement

Dimana biasanya antivirus dan firewall akan memblokir akses dari VPN di perangkat tersebut.

5. Pengaturan DNS

Penyebab lain dari VPN yang tidak bisa konek adalah karena kesalahan pada pengaturan DNS internet di perangkat yang kamu gunakan.

Jadi sebaiknya gunakan pengaturan DNS secara otomatis, agar VPN bisa berjalan dengan benar.

Di atas adalah beberapa penyebab umum VPN tidak bisa connect atau terhubung.

Itulah penyebab umum mengapa VPN di Android dan VPN di PC tidak bisa terhubung.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.